Beranda Peristiwa 16 Ribu Lebih Warga 6 Desa di Kecamatan Tanjung Beringin Sergai Terdampak...

16 Ribu Lebih Warga 6 Desa di Kecamatan Tanjung Beringin Sergai Terdampak Banjir

352
0
Foto: Banjir di Kecamatan Tanjung Beringin merendam 4,265 rumah yang dihuni 16,543 jiwa.(24jam.news/Bambang Sujatmiko)

Metro24jam.news, SERGAI – Luapan air sungai Bedagai ditambah air pasang laut merendam 4.265 rumah yang dihuni 16.543 jiwa di enam desa Kecamatan Tanjung, kabupaten Sergai, Sumut.

Data diperoleh Metro24jam.news dari BPBD kabupaten Sergai, warga yang terdampak banjir berada di desa Pekan Tanjung Beringin dengan jumlah 3.188 KK/12.685 jiwa, desa Nagur 500 KK/1650 jiwa, desa Tebing Tinggi 12 KK/48 jiwa. Kemudian desa Pematang Cermai 415 KK/1.660 jiwa, desa Mangga Dua 100 KK/350 jiwa, desa Pematang Terang 50 KK/150 jiwa.

Kepala BPBD kabupaten Frits Damanik mengatakan total warga terdampak banjir 4.265 KK atau 16.543 jiwa. “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca yang memang memasuki musim penghujan,” lanjut Damanik.

Sementara ini, untuk membantu para korban banjir BPBD bersama pemerintah kecamatan dan Polsek Tanjung Beringin telah mendirikan enam posko di Desa Pekan Tanjung Beringin. Untuk penambahan posko, sambung Damanik, pihak sudah memohon bantuan BNPB provinsi.

Terpisah, Camat Tanjung Beringin Elmiati S.AP saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp menjelaskan banjir yang meluas hingga merendam beberapa desa di kecamatan Tanjung Beringin di sebabkan naiknya air laut pasang laut. “Air laut pasang besar bang,” ujarnya.

Elmiati menambahkan, saat ini pemerintah kecamatan terus melakukan pemantauan dan monitoring secara kontinyu, mendorong kepala desa untuk mendirikan posko, bersama Forkompincam dan memberikan bantuan di posko-posko yang telah didirikan. “Kami juga memberikan himbauan kepada masyarakat terdampak banjir melalui kepala desa,” imbuhnya.

Kapolsek Tanjung Beringin AKP Tobat Sihombing kepada Metro24jam.news juga mengakui bahwa ketinggian air semakin tinggi di keenam desa tersebut. Walau demikian katanya, Kamtibmas di wilayah hukum Polres Sergai dan jajaran Polsek Tanjung Beringin hingga saat ini masih aman. (Bambang Sujatmiko)

Editor: Janopa Sihotang