Beranda Peristiwa 582 Rumah Warga di Desa Sei Rampah Terendam Banjir

582 Rumah Warga di Desa Sei Rampah Terendam Banjir

204
0
Foto: Lokasi banjir di Desa Sei Rampah yang merendam pemukiman penduduk. (24jam.news/Bambang Sujatmiko)

Metro24jam.news, SERGAI – Hujan deras yang mengguyur kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Minggu (30/10/22) mengakibatkan meluapnya sungai Rampah/Bedagai. Sehingga banjir merendam ratusan rumah penduduk di enam dusun yang ada di Desa sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Sumatera Utara, Senin (31/10/2022).

Kabid Pelayanan Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana BNPB Sergai, M Gultom mengatakan, sebanyak 528 rumah warga yang ada di enam dusun tergenang air banjir.

“Di Desa Sei Rampah ada 6 Dusun yang terdampak banjir sejak Senin pagi. Secara total diperkirakan ada 528 rumah yang teredam air,” kata M Gultom.

Gultom mengatakan, banjir melanda pemukiman warga sejak Senin pagi. Katanya, hujan deras dengan durasi yang lama pada hari Minggu semalam membuat sungai Bedagai meluap.

“Air kiriman dari wilayah hulu Kabupaten Sergai sehingga sungai Bedagai tidak mampu menampung air dan meluap ke pemukiman warga,” tuturnya.

Tinggi air yang menggenangi rumah warga kata Gultom bervariasi mulai dari mata kaki orang hingga selutut orang dewasa. Dia menjelaskan terdapat tiga Dusun yang paling terdampak banjir yakni Dusun I, Dusun III dan Dusun VII, Sei Rampah.

Menurut Gultom kini pihaknya terus melakukan pemantauan dan membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Untuk saat ini sudah ada tenda pengungsian dan kita juga bersama BNPB, TNI dan Polri berada di lokasi banjir untuk membantu warga yang membutuhkan pertolongan,” imbuhnya. (Bambang Sujatmiko)