Peristiwa

Demo, Puluhan Wartawan Minta Bupati Copot Kadis Pendidikan Sergai

Metro24jam.news, SERGAI – Puluhan wartawan Kabupaten Sergai yang terdiri dari media online, cetak dan televisi yang mengatasnamakan dalam Solidaritas Wartawan Anti Kekerasan (Sowak) mendemo Kepala Dinas Pendidikan Serdang Bedagai kerena ucapannya yang dinilai telah mengancam oknum wartawan. Bupati diminta mencopot Kadis Pendidikan Sergai, Suwanto Nasution.

Aksi demonstrasi itu berlangsung di gedung kantor Bupati Sergai, desa Firdaus, kecamatan Sei Rampah, Selasa (25/10/2022) pagi tadi. Para wartawan minta Bupati Sergai mencopot Suwanto Nasution dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Sergai.

Menurut para pendemo Suwanto tidak layak menjabat sebagai kepala dinas, dimana sikap arogan dan perkataannya telah mencederai wartawan saat melakukan tugas jurlistik.

“Kami minta kepala Dinas Pendidikan Sergai dicopot dari jabatannya,” kata Kordinator Sowak Sergai, Anugrah Riza Nasution saat aksi damai menyampaikan sikap.

Berikut pernyataan sikap yang disampaikan Anugrah:

  1. Mengecam kalimat bernada ancaman yang dilontarkan Kepala Dinas Pendidikan Sergai Suwanto terhadap jurnalis Jhoni Sitompul, yang menyatakan ingin mematahkan tulang saat dikonfirmasi.
  2. Meminta Suwanto agar meminta maaf kepada publik terkait sikap arogan dan pernyataannya yang mengeluarkan bahasa mengancam.
  3. Meminta Bupati Serdang Bedagai mengevaluasi, dan memberhentikan Suwanto dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Sergai karena melontarkan kalimat tidak etis yang mencederai kebebasan pers yang tertuang dalam UU Pers nomor 40 tahun 1999.
  4. Meminta agar setiap orang, institusi dan lembaga pemerintah menghargai kerja-kerja jurnalis dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya.

“SOWAK Kabupaten Serdang Bedagai mengutuk keras sikap arogansi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai, Suwanto Nasution, yang mengancam akan mematahkan tulang jurnalis,” ucapnya Anugrah.

“Kami meminta kepada Bupati Sergai agar segera mengevaluasi kinerja Suwanto dan memberhentikan Suwanto dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai,” tegasnya.

Menanggapi aksi damai tersebut Bupati Sergai H.Darma Wijaya diwakili Asisten III Ir.H.Kaharuddin berjanji akan menyampaikan semua pernyataan sikap yang diterimanya. “Ya, nanti akan saya sampaikan kepada bapak bupati,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, pernyataan Suwanto mengancam dan akan mematahkan tulang disampaikan kepada Jhoni Sitompul jurnalis media on line terbitan Medan, yang bertugas di Kabupaten Sergai saat melakukan komfirmasi pada Rabu (19/10/2022) lalu, kepada Suwanto Nasution.

Saat itu, Suwanto dengan nada marah saat menjawab pertanyaan jurnalis saat dikonfirmasi terkait peristiwa runtuhnya tembok sekolah yang menimpa tiga siswa Sekolah Dasar Negeri 104301 di Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

“Yang mana yang patah tulang, bisa tunjukkan, nanti kalau nggak patah tulang, tulang kau yang ku patahkan, mau,” ucap Suwanto ditirukan Jhoni.

“Jangan kalian membesar-besarkan berita patah tulang, itu ketimpa makanya dikusukkan, dan itu upaya kami. Jadi nggak usah dibesar-besarkan,” kata Suwanto lagi ditirukan Jhony.(Siddik).

Editor: Janopa Sihotang

Related Articles

Back to top button