Pasang Telinga

Pengurus Rmpu Mpu Bada Periode 2022-2027 Dilantik Dan Kasean Mpu Bada dan Kasean Banurea

Metro24jam.news, PAKPAK BHARAT – Pengurus Rmpu Mpu Bada menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke-II dan Krja Mersodip Persikataen Tendi Pinempar Mpu Bada Tahun 2022 yang dilaksanakan selama dua hari 21-22 Oktober 2022 di Kasean Banurea.

Dalam Mubes Ke- 2 ini, juga terpilih menjadi pengurus Rmpu Mpu Bada Periode 2022-2027, yaitu sebagai Ketua Umum Mansehat Manik, Sekjend Erah Banurea dan Bendahara umum Darwis Boangmanalu.

Pengurus Rmpu Mpu Bada yang baru terpilih ini, langsung dilantik oleh Ketua Dewan Penasehat Rmpu Mpu Bada, H Makmur Berasa beserta anggota dan ditandai dengan penyerahan bendera pataka, Sabtu (22/10/2022).

Dalam penyerahan bendera Pataka tersebut, Dewan Penasehat Rmpu Mpu Bada, mengatakan bendera pataka Rmpu Mpu Bada yang diserahkan merupakan simbol semangat kepada semua pengurus Rmpu Mpu Bada yang baru.

Ia juga berpesan, supaya pengurus Rmpu Mpu Bada yang baru, agar memberikan hatinya dan tenaga yang tulus untuk mengurus Rmpu Mpu Bada periode 2022-2027.

Acara tersebut juga turut dihadiri, Wakil Bupati Pakpak Bharat Mutsyuhito Solin, Sekda Jalan Berutu, Ketua DPRD Hotma Ramles bersama anggota DPRD Pakpak Bharat, Waka Polres Elisa Sibuea serta undangan lainnya.

Ketua Umum Rmpu Mpu Bada yang baru dilantik mengawali sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada dewan penasehat Rmpu Mpu Bada yang sudah melantik mereka.

Mengawali sambutanya juga, ia menyampaikan satu umpama (Pantun-red) dengan berbahasa daerah pakpak, yaitu “Merbuah kayu jendiken, ibuat dekket kait-kait, nggo kita mendapet pelantiken, ulangne mo dak kita mergait-gait”.

Dalam kesempatan tersebut juga ,Mansehat menjelaskan bahwa Rmpu Mpu Bada merupakan organisasi sosial budaya bagi pinempar (Keturunan-red) Mpu Bada brru deket bebere bertumpu dan berkolaborasi membangun diri secara bersama-sama menuju kesejahtraan dan mempertahankan jati diri.

“Rmpu Mpu Bada merupakan organisasi sosial budaya bagi pinempar Mpu Bada brru deket bebere bertumpu dan berkolaborasi membangun diri secara bersama-sama menuju kesejahtraan dan mempertahankan jati diri,” kata Mansehat.

Sementara Wakil Bupati Pakpak Bharat, Mutsyuhito Solin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus Rmpu Mpu Bada periode 2022-2027 yang baru dilantik.

“Kita juga tadi menyaksikan pelantikan pengurus besar Rmpu Mpu Bada kami ucakan selamat kepada pengurus untuk mengemban amanah ini, kami berdoa agar Tuhan memberikan kekuatan dan ridhonya kepada segenap pengurus untuk menjadi ikutan dalam kerja-kerja sosial dan budaya dalam mengantarkan Mpu Bada mencapai cita-citanya,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya pengurus baru tersebut, Rmpu Mpu Bada memiiliki energi baru untuk menjalankan program-programnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Wabup berpesan mengajak bersama-sama memajukan Kabupaten Pakpak Bharat lewat karya dan peran masing-masing khusunya dibidang adat dan budaya.

“Bagi kita semua sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat untuk bersama memajukan kabupaten yang kita cintai ini, lewat karya dan peran kita masing-masing khusunya dibidang adat dan budaya, kerna adat dan budaya adalah milik kita bersama, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberkahi acara kita,” kata Wabup.

Peresmian Nama Lokasi Kasean Mpu Bada Dan Kasean Banurea

Dalam pelantikan pengurus Rmpu Mpu Bada periode 2022-2027 juga dilaksanakan peresmian nama lokasi Kasean Mpu Bada dan Kasean Banurea.

Untuk nama lokasi yang diresmikan Wakil Bupati Pakpak Bharat, Mutsyuhito Solin, diantaranya Alun-alun Kota Salak eks pajak lama menjadi Kasean Mpu Bada.

Selanjutnya, lapangan upacara yang berada di Napasengkut, Desa Salak 1 Kecamatan Salak yang diresmikan menjadi Kasean Banurea.

Tampak peresmian kedua lokasi tersebut, ditandai dengan pembukaan selubung plank kedua lokasi, oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD Hotma Ramles Tumangger.

“Dengan mengharapkan ridho kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kami atas nama Pemkab Pakpak Bharat meresmikan dua Kasean, yaitu Kasean Mpu Bada dan Kasean Banurea yang disaksikan oleh pengurus Rmpu Mpu Bada dan pengurus Banurea, dengan demikian resmilah kedua kasean ini menjadi kasean Mpu Bada dan Kasean Banurea, Njuah-njuah banta karina,” kata Mutsyuhito Solin.(Lastro Banurea)

Related Articles

Back to top button