Beranda News Buka Mata Terima 40 Tong Sampah, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Diharapkan Diterapkan di...

Terima 40 Tong Sampah, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Diharapkan Diterapkan di Desa Siempat Rube II

253
0
Foto: Bupati saat menyerahkan tong sampah di Siempat Rube II. (ist)

Metro24jam.news, PAKPAK BHARAT – Bupati Pakpak Bharat, Franc Benrhard Tumanggor menyerahkan puluhan tong sampah di Desa Siempat Rube II, Kecamatan Siempat Rube, Rabu (12/10/22).

Sebanyak 40 unit tong samapah dibagikan di desa ini guna mendukung salah satu Program Pokok PKK yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang sedang dicanangkan di desa ini.

Desa Siempat Rube II memang manjadi Desa Percontohan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat oleh PKK Pakpak Bharat yang kini tengah mengikuti perlombaan salah satu desa terbaik se Sumatera Utara.

Dengan diserahkannya puluhan tong sampah ini bupati berharap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat benar-benar diterapkan di Desa ini.

“Saya harapkan kepala desa dan masyarakat disini bisa bersinergi membangun desa ini, terutama menjaga kebersihan, buat desa ini bersih dan indah. Kalau perlu buatkan sebuah regulasi dan aturan desa, supaya jangan sembarangan membuang sampah, bagi masyarakat atau siapa saja yang sembarangan membuang sampah di desa ini boleh dedenda atau sanksi apa saja, silahkan diatur,” pesan bupati saat menyerahkan tong sampang tersebut.

Sementara itu Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Juniatry Franc Tumanggor yang juga hadir dalam acara ini mengungkapkan bahwa upaya membangun Kabupaten Pakpak Bharat, khususnya Desa Siempat Rube II adalah upaya bersama Pemerintah Pakpak Bharat dan masyarakat itu sendiri.

“Desa Siempat Rube II sebagai salah satu desa percontohan dan Desa Binaan PKK PHBS harus juara nantinya, dan demi Siempat Rube II yang lebih baik kita harus lakukan apa saja. Penyerahan tong sampah ini harus berdampak luas kepada masyarakat, Desa Siempat Rube II harus benar-benar menjadi contoh bagaimana pola hidup bersih dan sehat itu dilakukan, saya senang bisa datang kembali ke sini, tolong agar tong sampah ini benar-benar dirawat, dijaga dan manfaatkan dengan baik,” pesan Juniatry Franc Tumanggor.

Kepala Desa Siempat Rube II, Alparet Padang mengungkapkan bahwa perhatian dari pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat terhadap Desa Siempat Rube II adalah motivasi yang sangat besar bagi mereka guna membenahi Desa Siempat Rube II.

“Tentunya kita bersyukur kepada Tuhan atas begitu besar dan luar biasanya perhatian pemerintah Pakpak Bharat melalui bapak bupati kepada kita di Desa Siempat Rube II ini, terutama bagi kelompok PKK di desa ini, kita sebagai masyarakt tentunya sangat mendukung semua program ini, terutama yang terbaru saat ini kita terima 40 unit tong sampah ini bagi kita semua, jadi mari kita jaga kebersihan, rumah, lingkungan. Gayung harus bersambut, kita harus mendukung program ini,” pesan Alparet Padang dihadapa masyarakat Desa Siempat Rube II yang hadir.

Sedangkan, Ketua Badan Permusyawarata Desa (BPD) Siempat Rube II, Zaman Padang mengungkapkan bahwa demi membangun Siempat Rube II yang lebih baik maka semua pihak harus berani mengesampingkan kepentingan pribadi.

“Mari sama-sama kita membangun dengan menghilangkan segala macam ego dan perbedaan pandangan di antara kita, kalau sekarang kita menerima suatu saat kita harus bisa memberi dan berkontribusi kepada Kabupaten Pakpak Bharat ini,” ungkap Zaman Padang. (Lastro Banurea)