Beranda News Buka Mata Rektor UDA: Ilmu Komunikasi Adalah Bicara Multi Talenta

Rektor UDA: Ilmu Komunikasi Adalah Bicara Multi Talenta

343
0
Foto: Rektor UDA Irene Silviani pemateri Tunggul pada seminar komunikasi di Kutacane Aceh Tenggara. (ist)

Metro24jam.news, MEDAN – Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Darma Agung (UDA) Medan, menggelar Seminar Peran Komunikasi Pembangunan dalam Masyarakat yang digelar di Alas Hill, Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, Sabtu (8/10/22).

Digagas Anggota DPR Aceh sekaligus mahasisa Magister Ilkom UDA Yahdi Hasan, seminar tersebut menghadirkan Rektor UDA Irene Silviani, sebagai pemateri tunggal.

Dalam materinya, Irene Silviani menegaskan bahwa komunikasi adalah bagian dari pembangunan yang bertujuan untuk mengubah yang tidak ada menjadi ada, dan mengubah sesuatu yang sudah ada menjadi lebih baik.

“Karena itu, berlomba-lombalah menjadi komunikator pembangunan dengan syarat tidak menjatuhkan orang lain. Dan kejujuran merupakan poin penting dalam komunikasi pembangunan jangan ditambahi dan jangan dikurangi,” ujarnya.

Lebih jauh jebolan Doktor Universitas Padjajaran ini menjelaskan, komunikasi adalah bicara multi ilmu yang disampaikan dalam berbagai hal dan menjadi kunci utama dalam pembangunan.

“Komunikasi itu bisa dilakukan secara lisan, tulisan dan body languange. Karena itu, pembangunan bisa berjalan di masyarakat melalui talenta yang ada dan harus dikomunikasikan,” sebutnya.

Sebagai penutup Irene mengatakan, komunikasi berperan dan dikatakan berhasuk dalam pembangunan masyarakat apabila seseorang bisa memajukan orang disekitarnya atau daerah tempat dia bermukim.

Seminar tersebut disambut antusias dan berlangsung interaktif. Terlihat saat perwakilan mahasiswa dan organisasi pemuda yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara diantaranya HMI, PMII, Muda Sedang, GMNI, Satma IPK, Karang Taruna dan Majelis Ulama Nangroe Aceh (MUNA), silih berganti mengajukan pertanyaan tentang pentingnya ilmu komunikasi dan memaparkan ketertarikannya untuk melanjutkan Magister di Ilmu Komunikasi UDA.

Bahkan Anggota DPRK Aceh Tenggara dari Partai Aceh Teuku Dedy Faisal yang turut menjadi peserta, turut bertanya dan mengaku sangat tertarik untuk melanjutkan jenjang pendidikan magister pada prodi komunikasi.

Turut hadir diantaranya Anggota DPRA Yahdi Hasan, WR I Mhd Ansori Lubis, WR III Lilis S Gultom, Dekan Fakultas Sastra Desmalia Putra.

Di sela kegiatan seminar, turut pula diisi dengan Pengukuhan Ikatan Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi (IMMIKom) Universitas Darma Agung langsung dilakukan Rektor UDA Irene Silviani.

Adapun susunan pengurusan IMMIkom periode 2022-2023, Ketua Umum Pangiar Amudi Manurung, Ketua I Yahdi Hasan, Ketua II Setia Pandia dan Ketua III Teuku Yudhistira.

Sekretaris Umum Antony Hutagalung, Sekretaris I Mart Stephenson Manalu dan Sekretaris II Elma Erika Ginting kemudian Bendahara Umum Laury Anita S Wakil Bendahara Meylan Artasasta S.

Dibantu oleh Biro Riset Penelitian terdiri dari Andi Timbang Matondang, Evi Oktavia Banurea, Fatin Faiza Siregar dan Elysabet Nahomi Simamora. Sedang Biro Humas diisi oleh Kariawan Sembiring, Said Ilham, Rifhandi Rusli, Muhammad Rizki dan Ryan Pranata. (rel/Hendra)