Beranda News Buka Mata Tingkatkan Kapasitas, FISIP UMSU-FISHUM UIN Jogja Tanda Tangan PKS

Tingkatkan Kapasitas, FISIP UMSU-FISHUM UIN Jogja Tanda Tangan PKS

180
0
Foto: Penandatanganan Kerja Sama (PKS) oleh kedua belah pihak. (ist)

Metro24jam.news, MEDAN – Dalam rangka meningkatkan kapasitas kelembagaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMSU dan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri (FISHUM UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta sepakat menjalin kerja sama. Kesepakatan ini dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani kedua belah pihak, di Aula FISIP UMSU, Kampus Jalan Mukhtar Basri Medan, Rabu siang (5/10).

Penandatanganan PKS dilakukan Dekan FISIP UMSU Dr Arifin Saleh, S.Sos, MSP dan Dekan FISHUM UIN Jogja Dr. Mochamad Sodik,S.Sos., M.Si. Turut juga disaksikan langsung WR 3 UMSU, Dr. Rudianto, S.Sos, M.Si.

Dalam kunjungan ke UMSU, Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga Jogja didampingi WD Bidang Akademik Dr. Sulistyaningsih, M.Si, WD Bidang AUPK Dr. Yani Tri Wijayanti, M.Si, WD Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Badrun, M.Si, Kabag TU Endah Susilandari, dan Kasubag Enny Iroh Hayati.

Mereka diterima WD 1 FISIP UMSU Dr. Abrar Adhani, M.IKom, WD 3 Hj Yurisna Tanjung, Ketua S2 MIKOM UMSU Rahmanita, PhD, Ketua dan Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi Akhyar Anshori, M. IKom dan Faizal Hamzah Lubis, M.IKom Ketua Prodi Ilmu Administrasi Publik Ananda Mahardika, MSP, Ketua dan Sekretaris Prodi Kesejahteraan Sosial Mujahiddin MSP dan Sahran Sahputra, M.Si,.

Dalam PKS yang ditandatangani tersebut, kedua fakultas sepakat akan saling membantu dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kemudian kedua fakultas bersedia mendelegasikan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh kedua belah pihak, serta sepakat dalam upaya membuka peluang perluasan jalinan kerja sama dalam peningkatan kapasitas kelembagaan.

“Kami senang dan merasa terhormat mendapat kunjungan dari FISHUM UIN Jogja, apalagi dirangkai dengan penandatanganan PKS. Kegiatan ini pasti sangat bermanfaat untuk kedua belah pihak,” ujar Dekan FISIP UMSU Arifin Saleh dalam sambutannya.

Hal senada disampaikan Dekan FISHUM UIN Jogja Dr. Mochamad Sodik, sembari mengajak FISIP UMSU untuk terus bekerja sama dalam berbagai bidang dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas kedua lembaga. “Kami juga senang diterima dengan baik di sini. Banyak yang bisa kita kerjakan bersama. Dengan PKS yang sudah kita tanda tangani, mudah-mudahan kerja sama ke depan bisa kita wujudkan,” katanya.

WR 3 UMSU Dr. Rudianto menyambut positif kerja sama antara kedua fakultas. Menurutnya, di era sekarang ini, semangat kolaborasi harus dikedepankan. “Banyak yang bisa dikolaborasikan, misalnya kerja sama penulisan dan pengelolaan jurnal, serta riset atau penelitian kolaborasi,” ujarnya.

Sebelum penandatanganan PKS, rombongan FISHUM UIN Jogja berkesempatan juga dibawa keliling kampus UMSU melihat berbagai fasilitas yang ada, seperti ke M Radio, radio publik yang dimiliki UMSU yang pengelolaannya melibatkan mahasiswa Ilmu Komunikasi. (rel)