Pasang Telinga

PC PMII Gelar Pelatihan OSIS dan OSIM tingkat SMPN dan MTsN se-Kabupaten Palas.

Metro24jam.news, PALAS – Organisasi OSIS dan OSIM tingkat SMPN dan MTsN se-Palas mengikuti pelatihan dan pembinaan yang digelar Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Padanglawas (Palas).

Dalam Pelatihan OSIS dan OSIM tingkat SMPN/Swasta dan MTS se-Palas PC PMII Palas bersinergi dengan Kemenag Palas dan Disdikbud Palas, diikuti 100 siswa/siswi dari tingkat MTs/SMP, kegiatan berlangsung di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag Palas, Kamis (29/9/22).

Ketua PC PMII Palas Rahmad Ibrahim Hasibuan dalam sambutannya menyampaikan, perkembangan pendidikan pada sebuah madrasah atau lembaga pendidikan tidak lepas dari peran Organisasi Intra Madrasah maupun Sekolah yaitu OSIM dan OSIS.

Ia mengatakan, OSIS merupakan satu wadah yang sangat penting, sebagai wadah pembinaan siswa, tujuan didirikannya OSIS adalah untuk melatih siswa dalam berorganisasi dengan baik dan menjalankan kegiatan di Sekolah yang berhubungan dengan siswa/i, terangnya.

“Melalui kegiatan pelatihan ini kita berharap adek-adek peserta untuk dapat mengambil ilmu dan menerapkannya di Madrasah/Sekolah masing-masing,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lawas HJ. Rosidawati Suriani Pulungan, S.Pd pada saat meresmikan kegiatan mengatakan, pelatihan kepemimpinan seperti Organisasi Sekolah OSIM/OSIS ini merupakan bentuk program pengembangan dengan tujuan memberikan pembekalan kepada para siswa, selaku pengurus OSIM/OSIS di Madrasah dan sekolah.

“Agar nantinya para pengurus memiliki semangat jiwa kebangsaan dan nasionalisme serta mempersiapkan jiwa kepemimpinan kepada siswa pada masa yang akan datang,” ujarnya.

Selain itu, pelatihan kepemimpinan pada OSIS ini juga bertujuan untuk membangun kemandirian, rasa percaya diri, tanggung jawab, disiplin, serta menghormati orang lain.

“Harapan saya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap sikap, perilaku, dan karakter siswa khususnya dalam hal semangat kebangsaan dan nasionalisme karena para siswa/I saat ini merupakan generasi muda penerus bangsa yang ada di garis depan untuk membangun bangsa,” harap Kadis.

Ia menjelaskan, salah satu kegiatan yang dapatmenumbuhkan dan meningkatkan sikap disiplin dan mental kepemimpinan adalah melalui pelatihan sejak dini.

Semoga kegiatan ini terus berlanjut, bukan hanya sekali ini saja, tetapi dapat terus ditingkatkan dan dijadikan sebagai program rutinitas tahunan bagi siswa/i di madrasah khususnya dari adik-adik Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Padang Lawas,” pungkasnya.

Hadir dalam acara ini Kabid Dikdas Padang Lawas, Damhuri Hasibuan, Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Sahut Martua Lubis,S.Ag, dan Kepala Seksi PHU H. Abaror, S.Pd, dan Pengurus PC PMII Padang Lawas. (Harry)

Related Articles

Back to top button