Beranda News Pasang Telinga Bersih Dusun dan Tepung Tawar Benih Tanda Dimulainya Masa Turun ke Sawah...

Bersih Dusun dan Tepung Tawar Benih Tanda Dimulainya Masa Turun ke Sawah di Sergai

371
0
Foto: Ketua panitia "Menjamu Dusun" Tanjung Indra saat tepung tawar benih. (ist)

Metro24jam.news, SERGAI – Masa tanam padi atau turun ke sawah tahun 2022-2023 di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) segera dimulai. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan saat panen nanti dilakukan tepung tawar benih dan doa bersama kepada Allah SWT. Kegiatan ini diberi nama “Menjamu Dusun”.

Tanjung Indra ketua panitia “Menjamu Dusun” Dusun Suka Makmur, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai mengatakan, tanda dimulainya turun ke sawah atau menyemai padi, dimulai dengan bersih dusun atau Menjamu Dusun.

Tujuannya lanjut Tanjung Indra, memohon kepada Allah SWT agar tanam diberkahi dan para petani sehat-sehat dalam melakukan aktivitas kesehariannya di sawah. “Mungkin ini sepele tapi maknanya besar karena leluhur kita selalu melakukan tradisi menjamu di setiap akan turun musim tanam. Intinya mohon keberkahan dari Allah SWT,” ujar Tanjung, Minggu (18/9/2022).

Sebelumnya Badarudin seorang tokoh agama memeberikan arahan agar masyarakat di dusunnya tetap rukun. Ia juga meminta kepada pengusaha odong-odong agar bertangung jawab kepada lahan yang dilintasi. “Sebab jalannya odong-odong pasti merusak benteng sawah ketika menyeberang ke lahan sebelahnya. Maka dari itu kami harap bertangung jawab dalam hal ini,” pintanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dusun Suka Makmur Supratman mengatakan, “Mari sama-sama kita ikuti anjuran pemerintah melalui kelompok tani soal jadwal musim tanam, agar serentak. Untuk itu saya berharap agar petugas irigasi juga mengontrol irigasi agar dibersihkan sehingga, lancar airnya disaat dibutuhkan petani,” pinta Supratman.

Penulis: Budi
Editor : Sihotang