Beranda News Pasang Telinga Kaum Perempuan di Kabupaten Pakpak Bharat Diajak Berpartisipasi dalam Pembangunan

Kaum Perempuan di Kabupaten Pakpak Bharat Diajak Berpartisipasi dalam Pembangunan

251
0
Foto: Para peserta Sosialisasi Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, Hukum, Sosial, dan Ekonomi tingkat Kabupaten Pakpak Bharat. (ist)

Metro24jamnews.com, PAKPAK BHARAT – Kaum perempuan di Kabupaten Pakpak Bharat diajak ikut berpartisipasi aktif dalam pembanguan dalam berbagai bidang.

Ajakan itu disampaikan Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dalam Sosialisasi Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, Hukum, Sosial, dan Ekonomi Tingkat Kabupaten Pakpak Bharat melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Plt. Asisten Pemerintahan, Petrus Saragih, SE, MM di Aula Bale Sada Arih, Kantor Bupati Pakpak Bharat, baru-baru ini.

Menurut Franc Bernhard Tumanggor perkembangan zaman yang semakin maju menuntut peran perempuan dalam pembangunan sehingga banyak perempuan yang sudah membuktikan dalam berperan ganda atau mitra sejajar yang berhasil.

“Seiring berjalannya waktu, perempuan mulai bangkit membuktikan diri bahwa keberadaan mereka layak untuk diperhitungkan, mulai dari kecerdasan perempuan-perempuan indonesia, yang telah berperan ganda dan berkiprah dalam pembangunan. Tidak bisa lagi dianggap remeh karena telah turut berkontribusi terhadap pembangunan diberbagai bidang antara lain politik, hukum, budaya, ekonomi dan sebagainya,” ujarnya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pemerintah telah menetapkan strategi arah kebijakan pembanguan perempuan dan perlindungan anak yaitu peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak, pencegahan perkawinan usia dini.

“Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Pakpak Bharat berkomitmen meningkatkan peranan perempuan dalam politik dan pembangunan, diantaranya dengan meningkatkan kapasitas untuk kebijakan publik dengan memberikan kesempatan yang sama bagi profesional perempuan agar lebih banyak berkiprah dalam kebijakan publik, terutama tugas dalam perspektif gender dan responsif gender,” sambungnya.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan peran serta dan partisipasi Perempuan Pakpak Bharat dalam pembangunan, menjadi agen perubahan yang handal dan profesional, serta mampu mengisi berbagai posisi baik dalam Pemerintahan, dan banyak tempat lainnya,” tutupnya.

Sosialisasi ini dilaksanakan tentunya dengan tujuan untuk memberikan penguatan kepada kelompok perempuan tentang peran perempuan dalam bidang bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi, meningkatkan wawasan dan pengetahuan perempuan untuk ikut berperan dalam bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi, meningkatkan capaian Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Kabupaten Pakpak Bharat.

Sebanyak 40 orang perempuan dari berbagai wilayah dan seluruh kecamatan se Kabupaten Pakpak Bharat mengikuti sosialisasi ini. Panitia pelaksana sengaja mengundang beberapa narasumber penting diantaranya Ketua TP. PKK Pakpak Bharat, Anggota DPRD Pakpak Bharat, Dinas PPPA Sumatera Utara, serta LSM Pesada.

Penulis: Lastro Banurea
Editor : Janopa Sihotang