Beranda News Pasang Telinga Plt Wali Kota Tanjungbalai Buka Muscab ke-VI HNSI DPC Kota Tanjungbalai

Plt Wali Kota Tanjungbalai Buka Muscab ke-VI HNSI DPC Kota Tanjungbalai

426
0
Plt Walikota saat menghadiri Muscab VI HNSI. (foto: kominfo)

Metro24jamnews.com, TANJUNGBALAI – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Ke-VI Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) DPC Kota Tanjungbalai di Jalan HM Nur, Jumat (19/8/22).

Dalam sambutannya, Waris mengucapkan selamat bermusyawarah. Ia berharap dengan kepengurusan yang baru nantinya HNSI bisa menyuarakan aspirasi para nelayan.

Menurutnya, HNSI sebagai wadah nelayan Indonesia dapat turut memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi nelayan. HNSI harus dapat mendorong terciptanya transformasi di bidang sosial-ekonomi-budaya, dan mampu mencapai kesejahteraan berkelanjutan bagi para nelayan

“HNSI diharapkan dapat memfasilitasi penguatan peran nelayan untuk berpartisipasi dalam pembangunan serta bersama sama mewujudkan Tanjungbalai lebih baik, Tanjungbalai lebih maju menuju Indonesia hebat,” ucapnya.

Berdasarkan data Pemerintah Kota Tanjungbalai bahwa saat ini ada belasan ribu nelayan di Tanjungbalai. Untuk itu kepada HNSI mari kita duduk bersama memperjuangkan para nelayan kita. Dari jumlah tersebut, saat ini hanya ada tiga ribu nelayan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. “Mari kita selesaikan persoalan ini,” harap Waris.

Di Tanjungbalai sendiri, saat ini jumlah gudang ikan ada sekitar 90-an, Kapal ada 1500-an. Lebih dari 200 ton hasil tangkapan ikan per harinya di Tanjungbalai, tapi tidak ada hasilnya untuk Pendapatan Aset Daerah (PAD) Kota Tanjungbalai.

Lain lagi kondisi tidak adanya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di daerah Kota Tanjungbalai. “Untuk itu, Saya titip semua ini kepada HNSI ditindaklanjuti segera dalam pembicaraan lebih konkret kita dan kita perjuangkan bersama,” tegasnya.

“Bagaimana TPI dapat dibangun di Tanjungbalai. Subsidi Gas dan BBM bersubsidi bagi nelayan yang merupakan bagian program Pemerintah dan ini bisa sampai dan dirasakan seluruh nelayan di Tanjungbalai,” tandasnya.

Hadir pada Muscab DPC HNSI Tanjungbalai ke-VI diantaranya yakni Ketua DPD HNSI Provinsi Sumatera Utara, Zulfahri Siagian, Ketua DPC HNSI Tanjungbalai, H Muhammad Iqbal, para pengurus Rukun Nelayan dan pimpinan- pimpinan Ranting HNSI se-Tanjungbalai.*

Penulis: Rimanto