Beranda Peristiwa Akibat Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah di Serdang Bedagai Rusak, 1 Rata...

Akibat Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah di Serdang Bedagai Rusak, 1 Rata dengan Tanah

363
0
Rumah milik Yusmawita (32) yang terdampak angin puting beliung hancur tertimpa pohon kelapa. (foto: 24jamnews.com/bambang)

Metro24jamnews.com, SERGAI – Sebanyak 54 rumah warga di empat kecamatan Kabupaten Serdang Bedagai rusak akibat hujan deras disertai angin kencang Kamis (18/8/22) dini hari.

Kabid Pelayanan Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana BPBD Sergai M Gultom mengatakan, dalam kejadian tersebut kios UMKM juga rusak.

“Sampai sore hari ini ada 54 rumah warga yang rusak di empat kecamatan karena insiden hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Serdang Bedagai,” kata Gultom kepada wartawan.

Berikut lokasi dan jumlah kawasan yang terdampak hujan dan angin kencang: Kecamatan Pegajahan, Desa Sukasari 24 rumah; Desa Bingkat 15 rumah; Desa Jatimulya 3 rumah. Kecamatan Teluk Mengkudu, Desa Setrak 1 rumah; Desa Bogak 1 rumah.

Di Kecamatan Pantai Cermin, Desa Sementara 1 rumah. Kecamatan Perbaungan, Desa Pematang Sijonam 1 rumah; Desa Suka Beras 1 rumah; Desa Citaman 1 rumah; Desa Cinta Air 4 rumah, Desa Melati 2 rumah.

M Gultom menuturkan tidak ada korban jiwa, namun satu rumah warga rata dengan tanah usai tertimpa pohon kelapa. Sementara itu, lokasi yang paling parah dilanda hujan dan angin kencang terdapat di Desa Sukasari, dan Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan.

“Di Desa Sukasari ada 24 rumah warga yang rusak sementara di Desa Bingkat ada 15 rumah. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu,” ujarnya. Menurutnya, beberapa lokasi di Sergai memang rawan akan bencana hujan disertai angin kencang.

BNPB menghimbau masyarakat untuk tetap waspada akan adanya potensi hujan yang akan menguyur kawasan tersebut. “Kita minta agar semua warga tetap waspada akan potensi bencana alam karena memang kondisi bencana alam yang terjadi,” imbuhnya.*

Penulis: Bambang, Editor: Janopa Sihotang