Pasang Telinga

Plt Wali Kota Waris Tholib dan DPRD Tanjungbalai Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS APBD TA 2023

Metro24jamnews.com, TANJUNGBALAI – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib bersama Ketua DPRD Tanjungbalai Tengku Eswin menandatangani nota kesepakatan bersama Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tanjungbalai Tahun Anggaran (TA) 2023.

Penandatangan itu berlangsung dalam rapat paripurna DPRD Tanjungbalai yang dipimpinan Ketua DPRD Tanjungbalai Tengku Eswin didampingi Wakil Ketua DPRD Surya Darma AR dan Syahrial Bakti serta dihadiri oleh para Anggota DPRD di Gedung DPRD Tanjungbalai, di Aula Rapat Kantor DPRD, Kamis (18/8/22)

Plt Wali Kota Waris dalam sambutan menyampaikan Nota Kesepakatan KUA dan PPAS tahun 2023 yang baru saja ditandatangani merupakan dasar pedoman dan landasan dalam penyusunan nota keuangan dan Rancangan APBD tahun 2023.

“Sesuai dengan kesepakatan bersama ini, eksekutif dan legislatif bersama sama saling memberikan dukungan dan kontribusi sesuai dengan kewenangan masing-masing mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian hingga kepada tahapan evaluasi,” sebut Waris.

“Hal yang paling penting menjadi sorotan tentang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan kami tindak lanjuti dengan lebih intensif dan kepada OPD yang memiliki target PAD kami minta untuk bekerja lebih maksimal,” tuturnya.

Lebih lanjut Waris menyampaikan Kebijakan umum APBD merupakan dokumen yang memuat kondisi ekonomi makro daerah yang meliputi kondisi tahun sebelumnya dan tahun berjalan Asumsi dasar penyusunan RAPBD meliputi laju Inflasi pertumbuhan PDRB dan asumsi lainnya terkait dengan indikator ekonomi makro daerah.

“Rencana Strategis serta mengoperasionalkan rencana strategis kedalam langkah langkah yang lebih konkret dan terukur untuk memastikan tercapainya rencana pembangunan jangka menengah di kota Tanjungbalai,” paparnya.

Harapannya, dengan Penandatanganan KUA-PPAS tahun 2023 yang telah kita sepakati membuktikan bahwa semangat kemitraan dan sinergitas antara eksekutif dan legislatif terjaga dengan baik, tambahnya lagi

“Kondisi ini menjadi modal yang baik pula untuk membangun kota Tanjungbalai pada masa yang akan datang. Dengan kesepakatan ini pula Tim anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) akan menyusun Nota Keuangan rancangan APBD anggaran tahun 2023 untuk dibahas bersama badan anggaran legeslatif sesuai waktu yang ditentukan nantinya,” pungkasnya.*

Penulis: Rimanto, Editor: Rimanto

Related Articles

Back to top button