Beranda News Pasang Telinga Rangkaian Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke 77 di Langkat

Rangkaian Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke 77 di Langkat

244
0
Rangkaian kegiatan dalam rangka meriahkan peringatan HUT RI ke 77 tahun 2022 Dikabupaten Langkat. (foto: diskominfo Langkat/ist)

Metro24jamnews.com, LANGKAT – Berbagai rangkaian dan giat mewarnai perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 di Kabupaten Langkat, antusias masyarakat begitu besar dalam menyemarakan peringatan HUT RI tahun ini.

Seperti kegiatan Suroan yang diprakarsai oleh DPC GM Pujakesuma Kabupaten Langkat, menampilkan tarian tradisional berupa Reog Ponorogo yang berhasil menarik simpati warga.

Giat Suroan sekaligus dalam rangka peringatan HUT Pujakesuma ke-42 dan Tasyakuran HUT RI ke-77 tahun 2022, berlangsung di Pendopo Pujakesuma Kabupaten Langkat, Stabat, Selasa (16/8/22).

Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Langkat Pujianto SE mengatakan, “Satu Suro adalah hari pertama dalam kalender Jawa dibulan Suro yang juga selalu bertepatan dengan 1 Muharram dalam kalender Hijriah,” katanya.

Di hari yang sama juga dilakukan kegiatan malam silaturrahmi masyarakat Melayu yang diisi dengan hiburan meronggeng, berlangsung digedung Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia ( MABMI) Kabupaten Langkat.

Selanjutnya pagelaran pawai drumband juga mewarnai peringatan HUT RI ke 77 yang ditampilkan oleh siswa SMA sederajat, serta mobil hias nuansa semangat kemerdekaan dari siswa TK sederajat, dan penampilan musik angklung oleh siswa SMP sederajat berbalut semangat juang semakin menyemarakkan hari kemerdekaan, berlangsung seusai pelaksanaan upacara bendera yang dipusatkan di Alun Alun Tengku Amir Hamzah Stabat.

Rute pawai start dari depan rumah dinas Bupati Langkat di Jalan Proklamasi dan finish di depan Stabat City, Jl Zainul Arifin, Stabat ini, menjadi tonton masyarakat Stabat sekitar. Sebagai moment liburan bersama keluarga menikmati hari kemenangan Indonesia.

Giat lomba sampan tradisional juga menjadi hiburan yang dinantikan warga dilaksanakan di Sungai Wampu Stabat, Kabupaten Langkat.

Lomba sampan dayung tradisional diselenggarakan oleh KNPI bersama PAC PP Stabat, memperebutkan piala Plt Bupati Langkat, Ketua DPRD Langkat, dan Kapolres Langkat, diikuti oleh 24 Tim.

Rangkaian kegiatan lainnya dalam menyambut hari Kemerdekaan seperti tahun-tahun sebelumnya, telah dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok.

Dalam rangka peringatan HUT RI ke-77, di Makam Pahlawan Pangkalan Brandan Jalan Thamrin Kelurahan Pelawi Utara Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat.

Sebagai wujud penghormatan dan mengirimkan doa kepada para arwah pahlawan di Langkat khususnya, dan seluruh pahlawan Indonesia umumnya.

Beberapa hari sebelumnya, Sabtu (13/8/22), juga dilaksanakan peringatan Brandan Bumi Hangus (BBH) ke -75 tahun 2022, acara BBH ke 75 turut dimeriahkan oleh Danyonif 8 Harimau Putih Letkol Mar Farick dengan melibatkan prajuritnya pada puncak acara.

Prajurit Harimau Putih menampilkan pertarungan mixed martial arts (MMA), atraksi pencak silat sekaligus pemecahan es balok dari PSHT Yonif 8 Mar, drama kolosal dari sanggar pusaka Teluk Aru berkolaborasi dengan Yonif 8 Mar dan diakhiri dengan perebutan sasaran.

Sebelumnya acara dimulai dengan giat pawai karnaval bernuansa kejuangan. Ribuan peserta pawai karnaval terdiri dari para pelajar tingkat Taman Kanak-kanak, SD, MTs, SMP, SMA/SMK sederajat, organisasi kepemudaan (OKP) dan Pramuka.

Penulis: Yudhie, Editor: Yudhie