Beranda News Hukum & Kriminal Polres Palas Ciduk 1 Orang Pengedar dan 3 Pemakai Narkoba

Polres Palas Ciduk 1 Orang Pengedar dan 3 Pemakai Narkoba

274
0
Keempat tersangka penyalahgunaan narkoba di Mapolres Palas. (f: dok polres palas)

Metro24jam.news – Seorang pengedar dan tiga pemakai narkoba diciduk personel Satres Narkoba Polres Padanglawas (Palas) dari dua lokasi, Minggu (17/7/22).

Kapolres Padanglawas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSi melalui Kasat Narkoba AKP Agus M Butarbuar mengatakan, tersangka pengedar bersinisial DD (37) diciduk dari Lingkungan 2, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Minggu (17/7/22).

“Dari DD petugas mengamankan barang bukti kotak rokok berisi 2 paket diduga sabu dengan seberat 1,35 gram, 1 buah kaca pirex, 1 buah sekop pipet dan 1 buah dompet warna cokelat berisi uang Rp.230.000. DD dikenakan pasal 114 dan 113 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara,” lanjut Butarbutar.

Menurut dia, dari Desa Aek Tunjang, Kecamatan Barumun Tengah, tepatnya di warung milik warga petugas juga mengamankan tiga orang pengguna sabu.

Ketiga orang itu ialah: IMH alias Capa (40) warga Desa Aek Tunjang, Kecamaan Barumun Tengah, HMS, (41) warga Desa Unterudang, Kecamatan Barumun Tengah, dan RAMS, (26) warga Desa Gunung Melayu, Kecamatan Kualu Selatan, Kabupaten Labuhan Batu Utara.

Butarbutar mengatakan, untuk ketiga orang yang positive pengguna narkoba dikenakan Pasal 111 sampai dengan 116 UU Narkotika dan dijerat hukuman penjara minimal 4 tahun dan maksimal pidana mati, serta denda paling sedikit Rp800.000.000 dan paling banyak Rp10.000.000.000.

80 Bal Ganja Berhasil Diamankan

Sebelumnya, Sat Shabara Polres Padang Lawas menemukan narkoba jenis ganja sebanyak 80 bal di perkebunan warga Desa Hutabaru Siundol, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padanglawas, Selasa (5/7/22). Namun polisi belum berhasil menangkap pemilik ganja tersebut.

“Untuk pemilik barang ini, kita belum berhasil menemukan siapa dan dari mana asalnya. Dan daun ganja kering ini ditemukan didalam karung disemak belukar dikebun masyarakat dan kita akan terus mencari dan menyelidiki siapa pemilik narkotika ini,” ujar Kapolres Padanglawas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSi.

Menurut dia, pemilik ganja tersebut terlebih dahulu meninggalkan tempat sebelum polisi datang, dan kini barang haram tersebut diamankan di Mapolres Palas. “Kasus ini akan terus dikembangkan,” kata AKBP Indra kala itu. (har/js)