Beranda News Pasang Telinga Walikota Binjai Sikapi LPJ APBD TA 2021 Kota Binjai

Walikota Binjai Sikapi LPJ APBD TA 2021 Kota Binjai

274
0
Sidang Paripurna LPJ TA 2021 di gedung DPRD kota Binjai. (f: lihin)

Metro24jam.news – Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Binjai Tahun Anggaran 2021 di Kantor DPRD Kota Binjai, Selasa (12/7/22).

Wali Kota Binjai dalam sambutannya menyampaikan pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 merupakan bukti keseriusan pemerintah daerah dalam menyelesaikan seluruh tahapan agenda pembahasan sampai terwujudnya peraturan daerah Kota Binjai tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021.

Ia juga menjelaskan terdapat beberapa capaian yang tidak memenuhi target di tahun lalu. Salah satunya adalah pendapatan asli daerah yang menurun terdampak pandemi Covid-19 yang menganggu sendi-sendi kehidupan dalam masyarakat. Hal ini menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat dan pemberlakukan pembatasan sosial yang juga berdampak pada menurunnya capaian beberapa jenis pendapat pajak dan retribusi daerah.

Menyikapi masalah ini, Wali Kota menambahkan, tentunya pemerintah daerah harus mengambil langkah-langkah prioritas dan proporsional untuk menetapkan target pendapatan daerah dan belanja daerah yang lebih optimal serta tepat sasaran sehingga masyarakat Kota Binjai dapat bersemangat kembali dan perekonomian dapat bangkit dan menjadi lebih baik.

“Menyikapi beberapa masukan dan kritikan yang disampaikan oleh para anggota dewan, kami tentu saja akan terus berupaya menganalisis dan mengambil langkah-langkah strategis yang tentunya tetap berkoordinasi dengan DPRD untuk memperbaiki beberapa pencapaian-pencapaian yang tidak memenuhi target atau tidak memenuhi harapan kita bersama pada tahun lalu. Hal ini agar kedepannya dapat lebih baik dan lebih memberikan manfaat serta menyentuh aspek kehidupan masyarakat Kota Binjai yang kita cintai,” sebutnya.

“Saya meminta kepada seluruh jajaran pemerintah Kota Binjai agar rekomendasi dan catatan pada pembahasan ini kiranya menjadi masukan dan bahan perbaikan di tahun mendatang,” tegas Wali Kota.

Ia pun berharap komitmen yang telah dibangun bersama dan kemitraan yang telah berlangsung dengan baik selama ini antara pemerintah Kota Binjai dengan para anggota dewan dapat terus ditingkatkan sehingga pada gilirannya akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kota Binjai.

Hadir dalam rapat paripurna tersebut Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Syah Alam Putra, ST., Wakil Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, STP., MP., Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., Unsur Forkopimda Kota Binjai, Para anggota DPRD Kota Binjai, para pimpinan OPD di lingkungan pemerintah Kota Binjai, serta camat se-kota Binjai.*

Penulis: Lihin