Beranda News Pasang Telinga Lapas Klas II Binjai Sosialisasi Ketentuan Layanan Kunjungan Tatap Muka

Lapas Klas II Binjai Sosialisasi Ketentuan Layanan Kunjungan Tatap Muka

221
0

Metro24jam.news – Plt Kalapas Kelas IIA Binjai, Sahata Marlen Situngkir, mensosialisasikan syarat dan ketentuan layanan kunjungan tatap muka secara terbatas, Senin (4/7/22). Hal tersebut sesuai surat edaran Dirjen Pemasyarakatan SE PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang penyesuaian mekanisme layanan kunjungan secara tatap muka dan kegiatan pembinaan yang melibatkan pihak luar.

Sahata Marlen Situngkir mengatakan, surat edaran tersebut disambut gembira oleh para WBP Lapas Binjai dan masyarakat. Sebab kurang lebih dua tahun tidak bisa bertatap muka dikarenakan pandemi Covid-19.

“Benar, untuk kunjungan tatap muka bagi WBP Lapas Kelas IIA Binjai sudah berjalan selama delapan hari,” ungkapnya, Rabu (13/7). Ia menambahkan, dalam kunjungan tatap muka ini, pihaknya juga masih tetap memberlakukan Protokol Kesehatan dan sejumlah pembatasan lainnya.

“Pengunjung dikhususkan keluarga inti WBP yang telah vaksin ketiga dibuktikan dengan aplikasi PeduliLindungi atau sertifikat vaksin. Bagi pengunjung yang belum vaksin secara lengkap, wajib menunjukkan rapid/swab antigen dengan hasil negatif, atau surat keterangan tidak dapat menerima vaksin karena alasan kesehatan dari dokter instansi pemerintah,” pungkasnya.

Lebih lanjut dikatakan Sahata, pihaknya melalui Humas Lapas Binjai juga telah mewawancarai beberapa warga binaan dan mengaku sangat senang dengan adanya tatap muka walau secara terbatas.

Hari yang sama, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Binjai bersama personel Polda Sumut juga melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga binaan. Vaksin yang diikuti oleh para warga binaan dan pegawai adalah dosis pertama, kedua dan ketiga.

Sahata mengatakan pihaknya atas nama keluarga besar Lapas Kelas IIA Binjai, mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Polda Sumut yang telah berkontribusi besar mensukseskan pelayanan program vaksinasi nasional bagi masyarakat, khususnya bagi warga binaan di Lapas Binjai.

Kegiatan ini menurut Sahata merupakan komitmen menjalin kerjasama dan koordinasi lintas sektor di daerah, sekaligus sebagai ikhtiar Lapas dalam mencegah penyebaran virus corona di blok hunian maupun di Lapas Binjai secara keseluruhan.

“Untuk hari ini, vaksin 1 sebanyak 4 orang, vaksin 2 sebanyak 79 orang dan vaksin 3 sebanyak 86 orang,” katanya seraya menambahkan dalam vaksinasi ini sebanyak 4 orang petugas Lapas Kelas IIA Binjai juga mengikuti vaksinasi dosis 3.*

Penulis: Lihin
Editor: Sihotang