Beranda Olahraga Plt Bupati Palas Buka Porsadin Pertama Tingkat Kabupaten

Plt Bupati Palas Buka Porsadin Pertama Tingkat Kabupaten

246
0
Plt Bupati Palas diwakili Asisten III,Drs.Amir Soleh Nasution didampingi Kakan Kemenag Palas.H.Abdul Manan.MA memukul gong sebagai tanda dibukanya Porsadin Perdana FKDT. (f: metro24jam.news/ist)

Metro24jam.news – Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin ) pertama tingkat Kabupaten Padanglawas (Palas) Dibuka Plt Bupati drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHT.MM.MSi, Jumat (1/7/22) di halaman SMK N 1 Lubuk Barumun, Kecamatan Lubuk Barumun.

Mengusung tema bersama madrasah diniyah membina karakter bangsa dan membangun generasi berakhlak mulia. Melalui Porsadin Perdana ini diharapkan menjadi sarana membangun komunikasi diniyah takmiliyah dari berbagai penjuru kecamatan se Kabupaten Palas.

Plt Bupati Padanglawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu. CHt.MM.M.Si diwakili Asisten III, Drs.Amir Soleh Nasution mengatakan, kita menyadari bahwa pondok pesantren sebagai lembaga pendkdikan telah tumbuh mengakar ditenngah masyatakat.

“Pondok Pesantren merupakan bagian integral dengan menanamkan nilai keislaman secara mutlak kepada santri dengan mengikuti sistim pendidikan nasional,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya Porsadin ini dapat membentuk dan menyiapkan santri yang sehat,cerdas serta mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

“Pesantren di Kabupaten Palas merupakan salah satu asset potensi SDM sebagai modal dasar pembangunan untuk masa depan,” ujar Amir Soleh.

Dikesempatan itu,ia mengingatkan, melalui perlombaan olahraga dan seni diniyah diharapkan dapat mengaktulisasikan dan mengali, memupuk serta mengembangkan kemampuan SDM untuk proses pendidikan yang terarah, terpadu secara efektif dan efisien.

Sebelumnya Ketua Panitia, Wardiansyah Nasution mengatakan, jumlah peserta yang mengukuti lomba 323 peserta terdiri dari putra 159 orang dan putri 166 orang.

Ia menjelaskan, jumlah MDTA yang tergabung ke Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) 72 MDTA. Untuk kegiatan perlombaan hanya diikuti 30 MDTA.

Wardiansyah menambahkan, bidang yang diperlombakan sebanyak 7 bidang antara lain, Tahfizh Al Quran, Mujawwad, Khottil Quran (Kaligrafi) Puisi Islam, Pidato Bahasa Indonesia, lari sprint 80 M dan lari sprint 60 M, dengan melibatkan 45 orang Dewan Hakim terdiri dari Ustadz dan Ustadzah.

“Kegiatan Porsadin tingkat Provinsi Sumut akan dilaksanakan bulan Oktober 2022 di Kota Padangsidimpuan,” imbuhnya.

Peserta yang meraih prestasi juara tingkat Kabupaten Palas akan diutus ke ajang Porsadin tingkat Provinsi Sumut, kegiatan Porsadin ditingkat pusat sudah dilaksanakan sebanyak 4 kali, pungkasnya.

Tampak hadir dikegiatan tersebut, Staf Ahli Bupati, Ir Abdullah Nasution, Kakan Kemenag Palas, H.Abdul Manan.MA, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, Hj Rosida Wati Suriani.S.Pd, Plt Camat Lubuk Barumun, R A Adday Robi Harahap. SH ,Kepala SMK N 1 Lubuk Barumun, Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti serta Para Ustadz dan Ustadzah dari berbagai Kecamatan se Kabupaten Palas.*

Penulis: Harry