Beranda Ekonomi Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Monitoring Penyaluran KUR di Binjai

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Monitoring Penyaluran KUR di Binjai

262
0
Deputi Keuangan Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro Dr Iskandar Simorangkir bersama pimpinan BRI kota Binjai Agung Prasetyo memberikan bantuan secara simbolis. (f: lihin)

Metro24jam.news – Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Dr Iskandar Simorangkir SE MA, mem monitoring evaluasi dan penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) oleh BRI cabang Binjai melalui unit Bangkatan, Jumat (24/6/22).

Pada kesempatan itu, Dr Iskandar Simorangkir juga menyerahkan bantuan CSR Usaha Mikro kepada penerima KUR secara simbolis kepada salah seorang nasabah BRI Unit Bangkatan, di Jalan WR Mongonsidi, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota.

“Beliau ini merupakan salah satu debitur KUR dari Bank Rakyat Indonesia. Mereka meminjam sebesar Rp50 juta. Lihatlah, berkat pinjaman KUR ini, usahanya menjadi berkembang pesat. Hal itu dikarenakan KUR bunganya sangat rendah sekali,” ungkap Dr Iskandar Simorangkir kepada wartawan usai menyerahkan pinjaman tersebut.

Sebagai Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, alumni SMA Negeri 1 Binjai ini juga menegaskan bahwa pada saat periodik normal sebesar 6 persen. “Selanjutnya pemerintah sampai akhir tahun ini menambah lagi subsidi hingga 3 persen, sehingga nasabah hanya 3 persen saja,” urainya.

Disinggung mengapa hal itu dilakukan oleh pemerintah, Dr Iskandar Simorangkir menjelaskan, pemerintah sadar, kalau tidak dibantu orang orang kecil ini mendapat kesulitan pada masa Covid. “Setelah menerima bantuan KUR, terbukti mereka mampu bangkit dan berhasil,” ungkapnya.

Diakuinya, kedatangan dirinya bersama dengan teman-teman BRI Cabang Binjai ke salah satu lokasi usaha yang menerima bantuan KUR, untuk memberikan dana CSR. “Selain agar para pelaku usaha terus bisa berkembang dan maju, kami tentunya juga berharap mereka bisa membuka cabang lagi,” tuturnya.

Saat ditanya berapa nominal jumlah yang untuk mendapatkan dana KUR dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), ia menegaskan bahwa bantuan tersebut bisa mencapai Rp 100.000.000.

“Untuk pinjaman KUR bisa sampai Rp100 juta dan tidak perlu agunan tambahan. Misal kalian mau buka usaha, tidak perlu agunan tambahan, karena sudah dijamin pemerintah hingga Rp100 juta iuran pinjamannya, kreditnya dibayar pemerintah,” demikian ungkap Dr Iskandar Simorangkir seraya berharap kepada awak media untuk ikut mengontrolnya.

Sementara itu, Kepala BRI Cabang Binjai Agung Prasetyo mengatakan, bahwa KUR merupakan salah satu program dari pemerintah dalam meningkatkan pembiayaan kepada pelaku UMKM.

“Ini merupakan program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada pelaku UMKM yang salah satu penyalurannya melalui Bank Rakyat Indonesia,” ucap Agung Prasetyo.

Di tempat yang sama, salah seorang pengusaha cafe penerima bantuan CSR Mikro melalui program KUR BRI, Tri Handoko, mengucapkan terima kasih kepada Dr Iskandar Simorangkir serta pimpinan BRI Cabang Binjai beserta para staff-nya yang telah bersedia membantu sekaligus berkunjung ke usahanya.

Sebagai pelaku usaha, Tri Handoko juga mengakui bahwa dirinya baru sekali ini melakukan pinjaman ke Bank Rakyat Indonesia.

“Alhamdulillah, saya memilih pinjaman KUR ini melalui Bank Rakyat Indonesia karena bunganya sangat rendah sehingga sangat membantu kami, bahkan prosesnya sangat cepat, paling dua hingga tiga hari saja. Pinjaman ini akan saya pergunakan sebaik baiknya untuk memajukan usaha saya,” kata Tri Handoko.

Pelaku usaha cafe ini juga mengakui bahwa ia melakukan pinjaman sebesar Rp 50.000.000 melalui Kantor Cabang BRI Unit Bangkatan, Cabang Binjai.

“Terima kasih BRI maju terus BRI,” ujar Tri Handoko, sembari mengatakan akan mengajak rekan-rekannya untuk melakukan pinjaman melalui program KUR yang disalurkan melalui PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Binjai.

Bersama Dr Iskandar Simorangkir, turut hadir Asisten Deputi Gede, Wakil Pimpinan Wilayah BRI Medan Harsono, pimpinan wilayah Jamkrindo Bambang, pimpinan wilayah Askrindo Medan I Ketut Anom, pimpinan BRI Cabang Binjai Agung Prasetyo, Asisten Manager Bisnis Mikro Roni Sembiring dan Adianto, seluruh kepala unit BRI se-kota Binjai, serta staff.*

Penulis: Solihin